Aturan Perjalanan Dalam Negeri Selama Lebaran Tahun 2022

Operator
Operator

26 April 2022

Aturan Perjalanan Dalam Negeri Selama Lebaran Tahun 2022

Lebaran tinggal menunggu hari. Pemerintah Republik Indonesia juga sudah mengumumkan libur Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022 dan cuti bersama pada 29 April dan 4-6 Mei 2022. Tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran. Mudik adalah tradisi mayoritas masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Dimana masyarakat yang sedang merantau kembali ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarga.

Pemerintah Indonesia memperbolehkan semua orang untuk mudik dengan syarat menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan telah mendapatkan dua kali vaksinasi dan satu kali vaksin booster. Namun jika calon pemudik belum mendapatkan vaksinasi booster, maka ada beberapa persayaratan yang wajib dipenuhi:

a.    Pemudik yang telah menerima vaksin dosis kedua wajib menyerahkan bukti testing antigen 1x24 jam, atau PCR 3x24 jam.
b.    Pemudik yang baru menerima vaksin dosis pertama wajib menyerahkan bukti testing PCR 3x24 jam dan wajib menerapkan protokol kesehatan 3M secara ketat.
c.    Pemudik usia 6-17 tahun telah menerima vaksin dosis kedua tidak wajib menunjukkan hasil negatif testing antigen atau PCR, tetapi wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua.
d.    Pemudik anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak perlu testing, namun harus didampingi pendamping yang memenuhi syarat perjalanan.
e.    Pemudik yang tidak dapat vaksinasi karena kondisi kesehatan khusus/penyakit komorbid, wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR 3x24 jam dan melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.
f.    Mengisi e-HAC (Electronic Health Alert Card) pada aplikasi PeduliLindungi.
g.    Wajib menerapkan protokol kesehatan 3M secara ketat.

Tetap hati-hati selama melaksanakan mudik ya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan supaya bisa bertemu dengan keluarga tercinta.

Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan