Beralih ke TV Digital Yuk..

Operator
Operator

24 Maret 2022

Beralih ke TV Digital Yuk..

Isu yang sedang hangat diperbincangkan baik di social media maupun di layer televisi saat ini yaitu migrasi TV Analog ke TV Digital. Mengapa itu perlu dilakukan? Ada beberapa alasan mengapa pemerintah akan mematikan TV Analog dan mengubahnya menjadi Digital. Tentunya alasan pertama yaitu Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran sebagaimana diubah oleh Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Selain itu, tentunya pemerintah juga mengharapkan siaran televisi yang jernih dan berkualitas untuk tontonan masyarakat umum.

Pemerintah juga berkaca dari negara-negara lainnya yang sudah menyepakati penataan spektrum untuk layanan televisi dan telah menyelesaikan ASO. Untuk itu pemerintah juga menerapkannya di Negara Indonesia. Namun untuk migrasi sendiri juga membutuhkan proses yang sangat panjang. Migrasi dilakukan dalam 3 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 30 April 2022, tahap kedua dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2022, sedangkan tahap ketiga dilaksanakan di tanggal 2 November 2022. Tentunya dalam proses migrasi ini juga ada beberapa kendala. Seperti ada beberapa wilayah yang kosong frekuensinya atau biasa disebut dengan istilah blank spot.

Meskipun saat ini sudah banyak sekali Toko Elektronik yang menawarkan TV Digital, untuk Anda yang masih menggunakan TV Analog pun tidak perlu khawatir. Solusinya adalah dengan membeli Set Top Box (STB) untuk bisa beralih ke TV Digital. Selain menggunakan STB, pengguna juga bisa menggunakan TV Box berbasis Android untuk melakukan streaming TV. Namun untuk menggunakan TV Box ini harus menggunakan jaringan internet yang kuat dan stabil. Pilihan channelnya pun beraneka ragam, meskipun ada beberapa channel yang berbayar. Sedangkan STB tidak perlu menggunakan jaringan internet, namun channel yang ditampilkan sama seperti channel yang ada di TV Analog. Tentunya pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dengan migrasi TV Analog ke TV Digital ini, harapannya industri pertelevisian di Indonesia ini bisa semakin berkembang seperti negara-negara lain. Pengguna juga bisa mendapatkan tontonan yang lebih baik lagi dari TV Analog. Jadi, mari sukseskan program pemerintah untuk migrasi TV Analog ke TV Digital.


Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan