Macam-macam Bahasa Pemrograman yang Eksis Hingga Saat ini

Operator
Operator

20 Januari 2022

Macam-macam Bahasa Pemrograman yang Eksis Hingga Saat ini

Untuk membuat komputer bisa memahami apa yang kita perintahkan, dibuthkan lah Bahasa Pemrograman. Bahasa pemograman pun terus berkembang dari masa ke masa. Tentunya mengikuti pula kecerdasan komputer yang terus berkembang hingga saat ini. Dalam mengaplikasikannya pun membutuhkan logika dan keahlian khusus dari para programmer. Namun banyaknya Bahasa pemrograman yang ada saat ini terkadang membuat para programmer yang baru bergabung dalam dunia pemrograman menjadi bingung, Bahasa mana yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Untuk itu, diperlukan wawasan dan pengetahuan update terkait Bahasa pemrograman yang banyak digunakan baik untuk Website, Aplikasi mobile maupun Dekstop saat ini agar kita tidak tertinggal oleh jaman. Lalu apa saja sih Bahasa Pemrograman yang hingga saat ini masih eksis di kalangan para programmer? Yuk kita bahas satu per satu.

1. JavaScript

JavaScript masih menjuarai sebagai Bahasa Pemrograman yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Bahkan selama hamper 9 tahun berturut-turut, Bahasa Pemorgraman ini tidak pernah lekang oleh waktu. Selalu ada update dari perkembangan Bahasa Pemrograman yang ada. Untuk mempelajarinya pun cukup mudah dibandingkan dengan Bahasa Pemrograman yang lainnya.

Kegunaannya juga sangat banyak, yaitu mulai dari meningkatkan fungsionalitas website, mempercantik tampilan website, dan juga mengaktifkan permainan serta software yang berbasis Website. Bahkan setiap Front End Developer pun harus dibekali dengan keahlian dalam Bahasa Pemrograman JavaScript.

2. C++

Bahasa C++ merupakan Bahasa pengembangan dari Bahasa C. Keduanya hamper sama dalam pengoprasiannya. Hanya saja Bahasa C untuk penyelesaian masalahnya masih menggunakan sub terkecil secara procedural, sedangkan Bahasa C++ sudah berorientasi pada objek yang permasalahannya dibagi ke dalam kelas-kelas tertentu. Bahasa C++ juga banyak digunakan untuk membuat Website Statis.

3. PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor biasa digunakan untuk membuat website yang dinamis. Bahasa Pemrograman ini bersifat server side scripting yang open source. Banyak sekali website di dunia ini yang menggunakan PHP sebagai Bahasa Pemrogramannya. Website yang menggunakan Bahasa Pemrograman PHP pun banyak dipilih karena bisa dibuka menggunaka browser apapun. Selain itu, Bahasa PHP ini juga bisa lho digunakan untuk membuat Aplikasi berbasis Dekstop.

4. SQL

Jika sebelumnya kita membicarakan Bahasa pemrograman untuk Website, Dekstop, dan Mobile, Bahasa Pemrograman SQL ini lebih banyak digunakan untuk mengakses atau membuat database. Biasanya programmer yang menguasai Bahasa Pemrograman SQL ini ditempatkan di Back End Developer atau Full Stack Developer.

5. Python

Python merupakan Bahasa Pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari. Bahkan programmer pemula pun bisa dengan mudah mempelajarinya karena bahasanya yang lebih menekankan pada keterbacaan kode dan mudah untuk dipahami sitanksnya. Bahasa Pemrograman Python ini banyak digunakan untuk komputasi ilmiah atau proyek Artificial Intelligence.

Nah, menarik bukan? Menjadi programmer bisa memberikan banyak benefit, terutama dalam segi gaji. Untuk programmer pemula saja, gaji bisa didapatkan start from 3 juta. Apalagi yang ingin menjadi programmer ini tidak banyak, jadi perusahaan rela membayar fee programmer dengan biaya yang tinggi karena sangat sulitnya mencari programmer. Jadi, apakah kalian tertarik menjadi Programmer?


Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan