Mengenal Web 3.0 dan Masa Depan Internet

Operator
Operator

12 Mei 2022

Mengenal Web 3.0 dan Masa Depan Internet

Web 3.0 adalah ide untuk iterasi baru dari World Wide Web berdasarkan teknologi blockchain, yang menggabungkan konsep seperti desentralisasi dan ekonomi berbasis token. Web 3.0 membuat pengguna mengontrol data mereka sendiri. Mereka akan berpindah dari media sosial ke email atau belanja dengan akun yang dipersonalisasi, membuat catatan di blockchain dari seluruh aktivitas.

Istilah Web 3.0 diciptakan pada tahun 2014 oleh salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood dan gagasan tersebut menarik minat pada tahun 2021 dari penggemar cryptocurrency, perusahaan teknologi dan perusaan venture capital. Tahun 2022 mungkin menjadi tahun dimana web 3.0 mulai terwujud. Hal yang mendorong adanya Web 3.0 adalah pandemi Covid-19 dimana banyak pekerjaan dan pendidikan dipaksa menjadi virtual dengan konsep dan teknologi Web 3.0.

Apa saja keunggulan Web 3.0?

  • Web 3.0 terdesentralisasi: Alih-alih sebagian besar internet dikendalikan dan dimiliki oleh entitas terpusat, kempemilikan didistribusikan di antara pembuat dan penggunanya.
  • Kepemilikan data; Pengguna adalah pemilik data mereka sendiri. Dengan blockchain menjadi dasar Web 3.0, seseorang dapat memastikan privasi dan keamanan untuk informasinya.
  • Web 3.0 tidak memerlukan izin: Setiap orang memiliki akses yang sama untuk berpartisipasi di Web 3.0, dan tidak ada yang dikecualikan.
  • Personalisasi: Dengan menggabungkan teknologi terbaru seperti IoT, ML dan AI, Web 3.0 dapat memberikan pengalaman internet yang lebih personal dan berpusat pada pengguna.
  • Layanan tanpa gangguan: Karena tidak ada otoritas kontrol tunggal, seseorang dapat secara terbuka mempublikasikan pandangan mereka tanpa takut akun mereka diblokir atau disensor.

Dasar dari Web 3.0 adalah blockchain. Blockchain adalah catatan digital informasi yang dapat didistribusikan tetapi tidak diedit atau dihapus. Dengan demikian, tidak ada sistem kontrol terpusat di blockchain. Fitur ini memastikan keamanan dan privasi informasi. Semua keuntungan dibangun di atas fondasi ini.

Sumber: Gilad Edelman "What is Web3, Anyway?"
Ethereum.org
znetlive.com

Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan