Perangkat Keras yang Wajib Ada Dalam Koneksi Internet

Operator
Operator

08 Maret 2022

Perangkat Keras yang Wajib Ada Dalam Koneksi Internet

Untuk menggunakan internet, perlu beberapa perangkat wajib yang harus terpasang. Baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Tanpa perangkat-perangkat ini, internet tentunya tidak bisa berjalan dengan lancer atau bahkan tidak bisa terkoneksi sama sekali. Ketika kamu memilih suatu provider internet untuk berlangganan internet di rumahmu atau di kantormu, provider internet tersebut akan memasang satu per satu perangkat yang digunakan untuk mengkoneksikan internet. Nah, apa saja perangkat keras tersebut? Yuk kita bahas satu per satu.

1. Modem

Modem memiliki fungsi utama menerima sinyal dari ISP dan mengkoneksikan antara device dengan jaringan internet. Modem ini memiliki fungsi dua arah, yaitu menerima sinyal analog yang kemudian dirubah menjadi sinyal digital pada suatu device.

Perangkat ini memiliki peranan yang sangat penting untuk koneksi internet, terutama untuk individu maupun kelompok. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari model ADSL dengan kabel telepon, modem USB Sticks, hingga jenis modem MiFi.

2. Access Point

Access Point berperan penting dalam memancarkan sinyal nirkabel dari sebuah ISP. Access Point ini lebih sering kita kenal dengan istilah hotspot. Access Point akan menerima sinyal dari ISP, kemudian memancarkannya kembali sinyal tersebut dalam radius tertentu.

3. Kabel Jaringan

Kabel Jaringan memiliki peran untuk mentransmisikan paket data yang disediakan oleh server ISP menuju receiver yang berbentuk modem atau access point. Setelah modem mendapatkan sinyal melalui kabel, jaringan dapat ditransmisikan ke client, baik melalui wireless maupun dengan kabel. Teknologi nirkabel atau tanpa kabel sebenarnya sudah banyak beredar di pasaran, namun untuk kebutuhan internet rumahan maupun perkantoran, kabel jaringan ini masih sering kali digunakan. Model kabel jaringan yang digunakan oleh ISP pun bermacam-macam, tergantung dengan kebutuhan dan ruang lingkupnya.

4. Router

Router berfungsi sebagai penyaluran koneksi internet melalui protocol. Tentunya dilengkapi dengan fitur pendukung efisiensi dalam penyaluran jaringan internet. Router akan menyalurkan internet ke user atau access point tertentu yang disesuaikan dengan table routing yang telah dibuat. Sehingga penyaluran sinyal dan juga paket data yang akan ditransmisikan menjadi lebih efisien.

5. Server

Server merupakan perangkat keras yang paling penting dalam penyaluran jaringan internet. Server yang biasa disebut sebagai pusat data, berfungsi untuk menyimpan seluruh data dan informasi yang ada di internet. Meskipun segala perangkat telah terpasang, jika tidak terkoneksi ke sserver, kamu tidak akan bisa berselancar di internet dan menemukan konten-konten yang kamu inginkan. Server juga menentukan kecepatan akses internet, semakin jauh lokasi server dari user, maka akan semakin tidak optimal pula jaringan yang tersedia. Sehingga biasanya ISP akan memiliki server di beberapa lokasi yang berbeda.

6. Komputer atau Device

Kemudian, perangkat yang paling penting selanjutnya adalah Komputer atau Device. Tanpa komputer maupun device, kita tidak bisa melihat interface dan mengakses informasi yang ada di dalam jaringan internet. Komputer atau Device akan terkoneksi dengan internet yang ada di area tersebut, sehingga internet pun bisa diakses.

7. Wireless Network Adapter

Wireless Network Adapter merupakan suatu perangkat yang letaknya ada di dalam device kita, baik itu komputer, PC, maupun smartphone. Wireless Network Adapter ini berfungsi untuk menangkap sinyal wireless yang dipancarkan oleh access point. Sehingga deivice bisa menggunakan jaringan internet dengan lancar.

Nah, itu tadi beberapa perangkat keras yang wajib ada dalam pemasangan koneksi internet ya. Jika ada yang terlewat satu perangkat, maka internet tidak akan bisa terkoneksi dengan baik. Setelah perangkat keras, kalian juga wajib tahu perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan internet. Tentunya akan kita bahas juga di postingan selanjutnya yaa..


Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan