Seberapa Penting Data Center untuk Bisnis Modern?

Operator
Operator

17 Mei 2022

Seberapa Penting Data Center untuk Bisnis Modern?

Data adalah aset penting disetiap organisasi ataupun bisnis. Manajemen data sangat penting bagi setiap perusahaan untuk meningkatkan bisnis dengan informasi terkini. Data Center telah menjadi prioritas utama bagi bisnis di seluruh dunia untuk mengukur kebutuhan infrastruktur IT. Dalam perkembangannya data center telah bergerak lebih dari sekadar fasilitas penyimpanan tambahan. Faktanya, saat ini data center dianggap sebagai parameter bisnis utama. Inilah mengapa data center diperlukan untuk bisnis perusahaan. Untuk mengenal lebih dalam tentang pentingnya data center, mari kita pelajari lebih lanjut.

Secara sederhana, data center dapat dijelaskan sebagai sebuah fasilitas fisik yang digunakan sebuah organisasi untuk menampung aplikasi dan data penting mereka. Data Center bertugas untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses dan mendistribusikan data dalam jumlah yang besar.

Fasilitas data center memungkinkan sebuah organisasi untuk mengumpulkan sumber daya dan infrastrukturnya untuk pemrosesan, penyimpanan, dan komunikasi data mencakup hal-hal berikut:

  • Sistem untuk menyimpan, berbagi, mengakses dan memproses data di seluruh organisasi.
  • Infrastruktur fisik untuk mendukung pengolahan data dan komunikasi data
  • Utility seperti listrik, pendingin ruangan, akses keamanan jaringan dan pasokan listrik cadangan.

Data Center mendukung hampir semua komuputasi, penyimpanan data, serta aplikasi jaringan dan bisnis untuk perusahaan. Sejauh bisnis perusahaan modern dijalankan di komputer, maka data center adalah bisnisnya. Hampir setiap bisnis modern dan kantor pemerintah membutuhkan data center sendiri, atau bisa juga menyewanya. Perusahaan besar dan lembaga pemerintah dapat memilih untuk membangun dan mengelola data mereka sendiri apabila memiliki sumber daya. Sementara itu, jika tidak memiliki sumber daya bisa menyewa data center.

Perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan, keuangan, telekomunikasi, retail dan layanan jejaring sosial memproses banyak informasi setiap hari. Bisnis yang memproduksi dan memanfaatkan data ini membutuhkan data center dalam menjalankan operasinya. Tanpa data center, maka akan banyak kerugian yang akan dimiliki karena tidak adanya akses data yang cepat dan aman.

Sumber:
https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/data-center-virtualization/what-is-a-data-center.html
https://www.techtarget.com/searchdatacenter/definition/data-center
https://www.colocationamerica.com/blog/data-centers-importance-to-modern-business

Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan