Tips Menggunakan Wifi Publik dengan Aman

Operator
Operator

14 Maret 2022

Tips Menggunakan Wifi Publik dengan Aman

Beberapa tempat umum seperti taman, caffe, restaurant, bahkan mall-mall saat ini banyak sekali menawarkan fasilitas free wifi. Tapi perlu kamu ketahui, untuk menggunakan wifi umum seperti itu kita tidak bisa sembarangan menyambungkannya dengan device kita. Bisa jadi banyak pihak yang sengaja memasang wifi gratis untuk bisa mengakses data pribadi yang ada di device kita. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita cermati dan waspadai sebelum menggunakan wifi gratis di tempat umum. Yuk kita bahas apa saja yang harus dilakukan agar data kita tetap aman Ketika menggunakan free wifi di tempat umum.

1. Pastikan nama Wifi yang tersedia

Ketika kamu berada di sebuah café atau tempat umum yang menyediakan wifi gratis, pastikan nama wifi yang disediakan oleh tempat tersebut dengan bertanya kepada pelayan café. Jika ditempat umum, pastikan juga nama wifi yang kamu pilih sesuai dengan yang tertera di informasi free wifi. Karena banyak sekali hacker yang membuat wifi gratis di tempat umum dengan nama wifi yang hampir sama dengan nama wifi public di area itu.

2. Nonaktifkan koneksi wifi otomatis

Ketika memilih wifi public, centang kolom koneksi wifi otomatis agar ketika kamu berada di area itu, devicemu tidak terkoneksi secara langsung dengan wifi. Karena jika kamu tidak menyadari bahwa devicemu sedang terkoneksi dengan jaringan wifi di tempat public tersebut, pada hacker yang tidak bertanggungjawab bisa saja langsung masuk dan mengambil informasi di devicemu. Setelah menggunakannya, jangan lupa pula untuk mengklik Forgot Network.

3. Hindari akses data pribadi

Ketika menggunakan wifi public, jangan sekali-sekali kamu mengakses data pribadi di smartphone atau devicemu. Jika ingin menggunakan mobile banking, pastikan jaringanmu berpindah ke jaringan pribadi agar tidak ada orang yang bisa masuk dan mengakses ke jaringanmu.

4. Aktifkan firewell dan antivirus

Firewell merupakan suatu keamanan jaringan yang digunakan untuk memonitor traffic keluar masuknya jaringan. Firewell bertugas untuk mencegah pengguna local yang tidak diinginkan masuk ke dalam jaringan mu dan mengambil data yang ada dalam device-mu. Selain firewell, kamu juga perlu memasang antivirus untuk menangkal kejahatan para hacker yang akan menyalahgunakan data pribadimu di dalam device. Dengan install antivirus tambahan, tentunya bisa menjadi tameng ketika para hacker akan masuk menyerang data pribadimu.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika menggunakan free wifi di tempat umum. Kejahatan siber yang terus berkembang hingga saat ini bisa menyerangmu kapan saja dan dimana saja. Sehingga kita harus selalu berhati-hati ketika ada peluang para hacker untuk masuk dan mengakses data kita. Semoga tips ini bermanfaat yaa..


Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan