Yuk, Tingkatkan Keamanan Website-mu

Operator
Operator

07 April 2022

Yuk, Tingkatkan Keamanan Website-mu

Tampilan dari sebuah website memang menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum mempublish website tersebut. Namun ada yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu Keamanan Website. Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang Kejahatan Cyber yang sedang marak di dunia maya. Untuk itu, kita juga akan membahas bagaimana cara meningkatkan keamanan website agar terhindar dari serangan para hacker. Hacker tidak hanya mencuri data yang ada di website, tetapi ada juga hacker yang sengaja mengacak-acak database yang ada di website, sehingga pemilik web kewalahan untuk membenahi database tersebut. Tentunya hal itu tidak kita inginkan bukan? Yuk, bahas satu per satu apa saja yang perlu dilakukan agar website kita tetap aman.

1. Gunakan SSL

SSL atau Secure Socket Layer merupakan perlindungan utama yang wajib digunakan untuk mengamankan website. Alamat domain website yang diawali dengan https ini sudah bisa dipastikan website tersebut telah menggunakan SSL dan menandakan bahwa koneksi yang terjadi antara browser dan server website sudah terenkripsi dengan baik. SSL ini bisa didapatkan dari penyedia layanan SSL.

2. Gunakan User dan Password yang unik

Password yang unik dan kuat terdiri dari angka, huruf besar, symbol, dan tanda baca. Untuk bisa masuk ke dashboard website, gunakan password yang kuat dengan spesifikasi tersebut. Sehingga hacker tidak mudah menebaknya. Jangan pula menggunakan password dari tanggal lahir, nama lengkap, atau pun hobi. Selain itu, kamu juga harus merubah password secara berkala agar password tersebut tidak kadaluarsa. jika mengubah password, jangan lupa untuk mencatatnya di catatan khusus, agar tidak lupa ketika akan login nantinya.

3. Update CMS Website

CMS Website yang pengaturannya masih default membuat hacker mudah masuk dan menyerang websitemu. Sehingga kamu harus mengubah settingan CMS Website tersebut.

4. Update Website berkala

Jika kamu mendapatkan notifikasi untuk mengupdate website, segera lakukan apa yang diminta dari notifikasi tersebut. Karena ketika sebuah tema website meminta untuk update, itu tidak hanya dari tampilannya saja yang berubah, tetapi juga keamanan dari bawaan website tersebut yang terus di update.

5. Backup data website

Banyak sekali kejahatan di media social seperti Ransomware yang mengharuskan kita membayar sejumlah dana untuk bisa meminta kembali database kita yang sudah diambil mereka. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita sering mem-backup data kita secara rutin, terutama ketika ada perubahan-perubahan yang berarti pada website kita. Sehingga jika pertahanan kita berhasil di bobol, kita masih punya cadangan data.

6. Install Plugin / ekstensi yang terpercaya

Jika kamu baru saja membuat sebuah website dengan wordpress, pastikan website mu sudah memiliki plugin keamanan yang terpercaya. Karena jika tidak diberikan plugin keamanan di dalamnya, sama saja kamu membuka pintu lebar-lebar untuk para hacker bisa masuk mengakses website mu. Ada cukup banyak plugin atau ekstensi terpercaya bawaan wordpress yang bisa kamu gunakan untuk melindungi websitemu. Namun tetap berhati-hati dengan plugin yang menyerupai plugin aslinya ya. Karena bukannya melindungi, kamu bisa jadi menyerahkan perlindungan websitemu kepada para hacker.

7. Batasi akses login

Hacker memiliki kemampuan untuk memasuukan ribuan kombinasi username dan password untuk bisa menembus keamanan website kita dan biasa disebut dengan istliah Brute Force Attack. Namun hal ini bisa dicegah dengan membatasi percobaan login pada website kamu.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat website kita tetap aman. Namun meskipun kita sudah melakukan cara-cara tersebut, bukan berarti website kita bisa terhindar dari serangan hacker. Karena hacker pun akan mencoba berbagai macam cara untuk bisa menembus keamanan website kita. Sehingga kita pun juga harus mengupdate secara berkala keamanan website kita.


Artikel Lainnya

Tertarik Untuk Kerjasama?

Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan konektivitas yang lebih mudah serta cepat

Kirim Pesan