Aplikasi Smart Farming Solusi untuk Petani Masa Kini

Pertanian menjadi komoditas utama perekonomian di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, permasalahan dalam bidang pertanian pun kian bertambah. Semakin sedikitnya lahan pertanian yang tersedia karena dibangun gedung-gedung tinggi tentu menjadi masalah utama. Namun ada pula permasalahan lainnya seperti cara pengolahan hasil pertanian yang terkadang masih salah, perkiraan waktu panen, pupuk yang digunakan untuk pertanian, pemasokan bibit yang baik, hingga pendistribusian hasil panen dari petani ke konsumen yang masih memiliki banyak kendala. Tentunya jika satu masalah tidak segera dibenahi akan merambah ke permasalahan lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memberikan solusi serta jalan keluar dari permasalahan tersebut. Oleh karenanya, PT Time Excelindo menciptakan sebuah sistem informasi berupa aplikasi Smart Farming. Aplikasi Smart Farming ini berguna untuk melakukan pendataan petani serta lahan, pendampingan budidaya hasil panen, pembiayaan dan keuangan, pemasokan bibit yang unggul dan juga pupuk yang berkualitas dari kios, hingga membantu pendistribusian hasil panen dari petani ke konsumen.

Teknologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Smart Farming ini adalah menggunakan teknologi Geography Information System (GIS) untuk pemetaan lahan, rekomendasi varietas, menentukan lokasi mana yang sudah siap panen, dan juga penyebaran OTP. Fitur yang ada dalam aplikasi ini pun sangat lengkap, seperti Web Smart Farming, pengelolaan keuangan, web untuk kios, web untuk koprasi maupun bank. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur mobile untuk pelaku pertanian seperti petani, account officer, Agronomis, dan juga Supir. Dengan adanya aplikasi Smart Farming ini tentunya semua pekerjaan di bidang pertanian akan jauh lebih mudah untuk di control.

Aplikasi Smart Farming ini juga telah digunakan oleh BUMR IPangan sejak tahun 2017. Selain penerapan aplikasinya, menggunakan aplikasi Smart Farming ini juga didukung oleh infrastruktur yang baik dari PT Time Excelindo dan disokong dengan jaringan internet dari Excelindo.Net. Sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan terkontrol. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi Smart Farming ini di lahan pertanian Anda, Anda bisa langsung saja menghubungi PT Time Excelindo untuk penawaran yang lebih baik.