Corona Virus Disease 19 (Covid-19)

Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini dunia sedang diguncang oleh wabah yang melanda di berbagai negara termasuk Indonesia. Apa itu Corna Virus? Corona Virus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyerang manusia atau pun hewan dan menyebabkan terjadinya gejala penyakit serius seperti sesak nafas, batuk pilek, bahkan lebih serius dibandingkan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang pernah terjadi juga. Coronavirus ini merupakan virus jenis baru yang bahkan hingga saat ini belum ditemukan pasti obatnya. Coronavirus dikenal sebagai penyakit yang menular dan berbahaya. Penularannya pun sangat cepat dan tidak terlihat.

Coroanvirus memiliki perkembangbiakan yang sangat cepat bahkan dalam waktu 24 jam saja. Virus ini berpindah dari satu individu ke individu yang lain melalui percikan air ludah dan dari hidung orang yang telah dinyatakan positif Covid-19. Hingga saat ini pun WHO masih mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran virus Covid-19 ini. Sehingga nantinya kita bisa lebih mengantisipasi penyebaran virus ini.

WHO juga sudah menghimbau masyarakat untuk melakukan perlindungan diri dengan banyak-banyak mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang setidaknya 1 meter atau physical distancing, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dalam keadaan tangan kotor, menggunakan etika batuk dan bersin yang benar, dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Dengan adanya himbauan ini, kita juga harus bisa menjaga diri sehingga bisa memutus rantai penyebaran covid-19 ini. Kita juga dianjurkan untuk mencuci tangan dengan benar berdasarkan WHO seperti berikut ini:

Apa dampak dari adanya Covid-19 ini? Banyak sekali dampak yang terjadi langsung maupun tidak langsung terhadap negara kita. Salah satunya adalah di bidang perekonomian. Perekonomian Indonesia bisa dikatakan anjlok, bahkan kurs dollar pun naik tajam. Adanya lockdown di berbagai wilayah di Indonesia sangat mempengaruhi pendapatan setiap lini masyarakat mulai dari pedagang kecil hingga pebisnis besar. Tentunya ini juga berimbas pada perusahaan kami, PT. Time Excelindo ini. Kita pun hanya bisa berdoa agar pandemic Covid-19 ini dapat berangsur-angsur membaik dan semuanya kembali seperti semula. Harapannya Indonesia pun dapat kembali bangkit dan bersama-sama dengan garda terdepan para medis untuk melawan wabah Covid-19 ini.