Kajian Rutin Time Excelindo: Sehidup Sesurga

Dalam hidup ini kita diajarkan untuk saling membantu satu sama lain, bekerjasama dalam kebaikan, dan juga saling menjaga silaturahmi kepada orang-orang yang berada di sekitar kita. Tentunya hal penting ini yang harus kita ingat selalu untuk mendapatkan kehidupan bermasayarakat yang nyaman dan tentram. Seperti tema Kajian Rutin Time Excelindo yang ke 8 kali ini, yang membawa tema Sehidup Sesurga. Tema Sehidup Sesurga ini disampaikan oleh Ustadz Awan Abdullah pada hari Senin, 25 Januari 2019 dan bertempat di Citra 2. Pengajian dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00.

Dalam kajian tersebut kita mendapatkan 4 point pembelajaran dan juga tips untuk bisa mencapai sehidup sesurga. Kita perhatikan terlebih dahulu orang-orang yang berada di sekitar kita seperti keluarga kita sendiri. Setiap anggota keluarga pun sudah seharusnya saling mengingatkan apabila ada yang melenceng dari syariat agama. Jika ada anggota keluarga yang melakukan kesalahan, kita beritahu kesalahannya lalu kita contohkan bagaimana yang seharusnya mereka lakukan. Tentunya dengan saling mengingatkan ini membuat kehidupan dalam rumah tangga pun menjadi lebih harmonis. Setelah keluarga, kita juga bisa mengingatkan teman atau tetangga kita yang sekiranya mereka melakukan kesalahan dan mau untuk dibenahi. Sehingga tidak hanya dengan keluarga saja kita masuk ke dalam Surga, tetapi juga dengan teman-teman terdekat kita.

Hal selanjutnya yang harus kita perbuat adalah dengan kompak dalam ketaatan, bukan kompak untuk melaksanakan kemaksiatan. Hindari pergaulan yang menjurus pada kemaksiatan. Bahkan kita juga diajarkan untuk berteman dengan orang yang membawa kita pada kebaikan, bukan menjerumuskan kita pada kejelekan. Selain itu, menjaga silaturahmi antar umat beragama pun juga perlu dilakukan. Apabila kita memiliki kesalahan pada orang lain, hendaklah segera meminta maaf padanya. Allah pun tidak akan memaafkan kesalahan sesesorang yang menggibahkan saudaranya, sebelum ia meminta maaf kepada saudaranya tersebut. Sehingga kita harus selalu berhati-hati dalam berucap.

Kemudian yang terakhir adalah Tinggalkan perkara yang tidak ada hubungannya dengan Akhirat/Surga. Melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat jauh lebih baik daripada kita membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Manfaatkan setiap detik kita untuk selalu mengingat kepadaNya, dan percayalah ketika kita melakukan kemaksiatan secara sembunyi-sembunyi, sesungguhnya Allah SWT Maha Melihat. Semoga kita semua selalu dalam lindunganNya dan tetap dalam HidayahNya. Aamiin..