Macam-macam Kabel Jaringan

Untuk menyambungkan jaringan internet, kita membutuhkan perangkat keras berupa kabel jaringan sebagai media penghubung satu jaringan dengan perangkat jaringan lainnya. Kabel jaringan ini pun tidak hanya 1 macam saja. Ada berbagai jenis kabel jaringan yang perlu anda ketahui fungsi dan cara penggunannya satu persatu. Kita tidak boleh salah memasangkan kabel jaringan ini, karena nantinya kinerja jaringan komputer menjadi tidak maksimal. Untuk itu perlu kita ketahui ciri khas masing-masing kabel jaringan untuk membedakan satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, mari kita bahas apa saja jenis kabel jaringan dan penggunannya.

  1. Kabel Coaxial

Kabel Coaxial banyak dijumpai dalam pemasangan jaringan. Kabel coaxial ini terdiri dari 2 lapisan konduktor. Lapisan pertama tedapat kawat tembaga padat dan dibungkus lapisan isolator yang terletak di bagian tengah. Kemudian lapiran kedua disebut sebagai metal shielded yang fungsinya mencegah ganguan dari luar, dan terletak di atas lapisan isolator. Kabbel Coaxial ini biasanya digunakan untuk penggunaan jaringan dengan bandwith tinggi karena dinilai lebih aman dari segala macam gangguan. Harganya pun lebih murah dibandingkan kabel jaringan yang lainnya, dan resiko kehilangan sinyal pun cukup rendah.

  1. Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair merupakan kabel jaringan yang memiliki 8 pasang kabel dengan warna berbeda di dalam twisted pair tersebut. Fungsinya sama dengan kabel Coaxial, hanya berbeda struktur kabelnya saja. Lapisan dalam kabel Twisted pair ini terdapat kawat tembaga yang digunakan sebagai konduktor. Kabel Twisted Pair ini memiliki 3 jenis:

  • UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP merupakan jenis kabel twisted pair yang tidak penggunakan pelindung di bagian dalam kabel. Harganya jauh lebih murah dibandingkan twisted pair yang lain, sehingga UTP ini paling sering digunakan dalam pemasangan jaringan.

  • FTP (Foiled Twisted Pair)

Kabel FTP memiliki pelindung aluminium foil pada bagian luar pair kabel yang bisa menahan interfensi gelombang elektromagnetik. Sehingga kabel ini memiliki harga yang lebih mahal dari twisted pair lainnya.

  • STP (Shielded Twisted Pair)

Hampir sama dengan FTP, STP juga dibungkus dengan alumunium foil, namun yang dibungkus adalah setiap pasang kabel tembaga di dalam STP. Sehingga aka nada 4 shielded pair alumunium dalam kabel.

  1. Kabel Fiber Optic

Kabel fiber optic menggunakan bahan yang terbuat dari kaca dengan ukuran sangat kecil 120 mikrometer. Ukurannya yang sangat kecil membuat fiber optic lebih cepat mentransmisikan data dibandingkan kabel lainnya. Bahkan kecepatan transmisi data bisa mencapai 100 Gbps dengan jarak beribu kilometer. Sehingga Kabel Fiber Optic saat ini banyak dipilih oleh Internet Service Provider untuk memberikan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi. Karena kecepatannya yang tinggi itu lah Fiber Optic dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Nah, itu tadi beberapa macam kabel jaringan yang digunakan oleh penyedia layanan ISP. Penggunaannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan agar lebih hemat dan tahan lama.