Memilih Online Cloud Storage untuk Pengamanan Data

Bagi kalian yang harus berkutat dengan data data setiap harinya, media penyimpanan data online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Media penyimpanan data memang sangat beragam, mulai dari penyimpanan data tradisional, penyimpanan data di komputer, hingga penyimpanan data online. Namun saat ini penyimpanan data secara tradisional seperti menggunakan hard disk, flash disk, maupun CD sudah mulai banyak ditinggalkan. Karena bentuknya yang kecil, flashdisk sangat bisa hilang atau malah tidak terbawa kemanapun kalian pergi. Sedangkat harddisk dan CD memiliki ukuran yang cukup besar sehingga riskan untuk dibawa kemana pun. Media penyimpanan ini pun juga bisa rusak kapan saja. Oleh karenanya, media penyimpanan tradisional seperti ini sudah banyak ditinggalkan.

Seiring berkembangnya teknologi, media penyimpanan data online pun semakin banyak dan semakin canggih. Kita tidak perlu lagi membawa flashdisk atau hardisk kemana-mana. Hanya membutuhkan 1 akun email saja kita bisa mengakses banyak cloud. Lalu media penyimpanan online apa saja yang ada saat ini? Kita akan bahas satu persatu online cloud storage tersebut di postingan kali ini..

  1. Google Drive Cloud Storage

Google Drive merupakan media penyimpanan data online yang paling banyak digunakan. Karena setiap orang memiliki akun google, maka mereka pun mendapatkan akses untuk menyimpan data di google drive juga. Kalian juga bisa mendapatkan akses penyimpanan gratis sebesar 15 Gb. Namun jika ingin menyimpan data lebih dari 15 GB, kalian harus berlangganan Google Drive untuk upgrade storage.

  1. One Drive Cloud Storage

Microsoft juga memiliki media penyimpanan online One Drive Cloud Storage. Dahulu One Drive ini bernama Sky Drive. Jika Google drive menyediakan free space 15GB, One Drive memberikan free space lebih sedikit yaitu 5 GB. One Drive ini biasanya akan terinstall bersamaan dengan aplikasi Microsoft lainnya.

  1. iCloud

Untuk kalian pengguna iPhone, tentunya tidak asing dengan media penyimpanan iCloud. iPhone yang tidak memiliki slot untuk microSD tentunya membutuhkan memori tambahan untuk media penyimpanan. iCloud memberikan free space sebesar 5GB, dan untuk berlangganan memori tambahan pun cukup murah, mulai dari 15 ribu setiap bulannya untuk 50Gb.

  1. BOX

BOX merupakan media penyimpanan online yang memiliki banyak fitur di dalamnya. Dengan 10 GB free space, kalian bisa menyimpan data secara langsung dari Google Docs dan Office 365 karena terintegrasi dengan BOX. BOX juga memiliki fitur ‘Business Plans’ yang didukung dengan pengamanan tingkat tinggi untuk menjamin privasi data.

  1. Dropbox

Dropbox banyak digunakan untuk upload maupun download file di internet. Tentunya kalian sering menjumpai ketika akan mendownload film atau e-book, biasanya ditujukan ke dropbox untuk mendownloadnya. Ya, kalian juga bisa mendapatkan free space sebesar 10 GB dari Dropbox ini.

  1. Degoo Cloud Storage

Media penyimpanan online yang baru hadir di tahun 2019 ini juga tidak kalah dengan media penyimpanan online lainnya. Degoo menawarkan 100 GB Free Cloud Drive untuk penggunanya. Menariknya lagi, Degoo menjadi salah satu platform cloud yang bisa mengenkripsi file yang disimpan di Degoo.

  1. IDrive Cloud Stroage

IDrive juga merupakan salah satu cloud terbaik diantara cloud lainnya. IDrive memiliki banyak fitur seperti share file melalui email, twitter, maupun facebook. IDrive juga memiliki perlindungan ganda. Jika kamu secara tidak sengaja menghapus file yang ada pada cloud, file tersebut tidak akan terhapus sebelum kamu hapus secara permanen. Sehingga bisa dikembalikan lagi ke tempat semula. Penawaran yang menarik juga dari IDrive ketika data-data pentingmu hilang, maka IDrive akan mengirimkan hard disk fisik untuk membantumu memulihkan data penting tersebut.

Nah, itu tadi beberapa contoh media penyimpanan online yang bisa kalian pilih untuk mengamankan data kalian. Dengan online storage, kalian tidak perlu lagi membawa-bawa device maupun media penyimpanan tradisional untuk mengakses data. Karena data kalian bisa diakses dari mana pun kalian berada asalkan kalian tidak lupa dengan akun kalian yaa..