Menuju Daya Saing Unggul Melalui Smart City

 

Perkembangan teknologi yang semakin cepat, mendorong kita untuk bergerak dan berubah ke arah yang lebih baik. Perkembangan yang terjadi dalam suatu wilayah tidak hanya ditentukan oleh kecanggihan teknologi, dan peran pemerintah saja. Akan tetapi juga masyarakat yang harus beradaptasi dan mengimbangi pola dari teknologi tersebut supaya terjadi sinkronisasi peran antara teknologi itu sendiri dengan masyarakat maupun pemerintah. 

Melalui Kuliah umum yang diadakan di Universitas AMIKOM Yogyakarta pada hari Senin, 27 Agustus 2018 lalu, Ibu Airin Rachmi Diany, selaku wali kota Tangerang Selatan menyampaikan tentang apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah Tangerang Selatan dalam rangka memajukan kota dan masyarakatnya. 

Hal yang coba diwujudkan oleh Pemerintah Tangerang Selatan melalui visinya adalah menjadikan Tangerang Selatan sebagai kota yang cerdas, berkualitas, transparan dan berdaya saing berbasis teknologi. Oleh karena itu Pemerintah Tangerang Selatan sedang berupaya membangun sebuah sistem kota cerdas, dimana pelayanan, pengaturan, pembangunan dan pemberdayaan bisa lebih mudah dilakukan. Mengingat banyaknya permintaan dan kebutuhan masyarakat terkait dengan pelayanan, pemerintah mencoba untuk memberikan yang terbaik terhadap masyarakat berupa  sistem yang dapat termonitoring sehingga masyarakat dapat memantau secara mandiri berkas yang terkait. Tidak hanya itu, transparansi juga menjadi salah satu modal untuk pemerintah dapat melangkah lebih maju, sehingga dengan dibentuknya sistem kota cerdas ini besar harapan pemerintah untuk mendukung masyarakat maupun pemerintah itu sendiri untuk menghindari korupsi, kolusi, dan nepotisme. 

Salah satu sistem yang menjadi unggulan Pemerintah Tangerang Selatan adalah Simponie. Simponie merupakan Sistem Manajemen Perijinan Online. Aplikasi tersebut dibuat agar pengurusan sebuah ijin bisa menjadi lebih efisien, aman, dan juga transparan. Simponie dijadikan role model yang disarankan oleh KPK menjadi tantangan tersendiri untuk Pemerintah Tangerang Selatan dalam menjaga aksi transparansi yang melibatkan tidak hanya pihak internal Pemerintah namun juga masyarakat. Peran serta generasi milenialpun tak luput dari pengawasan pemerintah, generasi dengan pemikiran yang kritis akan membantu peran pemerintah dalam pembangunan kota. Maka dari itu Tangerang Selatan sebagai kota cerdas memfasilitasi masyarakat khususnya pemuda dalam menggali ilmu dengan dibentuknya sistem Tangsel Belajar. Kemudahan dalam mencari materi pelajaran ataupun informasi terkait pembelajaran diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya pelajar dalam memaksimalkan potensi diri.