Peran Artificial Intelligent Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Teknologi pada dasarnya diciptakan untuk dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Seiring dengan majunya peradaban, kita hidup pada jaman dimana segalanya menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi. Segala kegiatan dan pekerjaan bisa dikerjakan lebih cepat dan efisien berkat adanya teknologi. Teknologi membuat kita merasa nyaman hingga tanpa disadari kita mulai bergantung kepada teknologi tersebut. Hal tersebut juga berdampak pada lingkungan pekerjaan. Kini, untuk sekedar absensi karyawan kita tidak perlu lagi tanda tangan kehadiran karena telah ada system fingerprint yang bisa menangkap dan merekam presensi kita. Dalam penerapan sehari-hari, Kita juga sudah jarang berhadapan dengan petugas parkir yang memberikan karcis ketika masuk ke pusat perbelanjaan karena sudah tergantikan dengan adanya teknologi. Pekerjaan dan aktivitas yang sifatnya tetap dan berulang perlahan-lahan akan digantikan dengan adanya teknologi.

Yang paling memberikan dampak besar dalam kemajuan teknologi ini berasal dari adanya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent. AI telah dikembangkan sejak tahun 1941 dimana mulainya era computer elektronik. Kecerdasan buatan ini terus dikembangkan dengan meniru tingkah laku dan kecerdasan manusia. Bahkan beberapa AI juga dikembangkan untuk suatu perhitungan yang sangat rumit dan belum tentu bisa dikerjakan oleh manusia normal. AI dirancang untuk melakukan pekerjaan yang bersifat permanen, konsisten dan menyeluruh. Saat ini pun mulai banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan robot yang telah ditanamkan kecerdasan buatan karena robot tidak membutuhkan gaji yang tinggi dan bisa melakukan pekerjaan berat tanpa mengenal kata lelah. Sehingga kecerdasan buatan ini dinilai lebih menguntungkan dibandingkan mempekerjakan manusia cerdas.

Kecerdasan buatan ini juga telah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti adanya smart home, system pendukung keputusan, pembaca sensor retina maupun sidik jari, hingga mampu memberikan saran terbaik dari permasalahan kita. Untuk mencari informasi pun kita tidak perlu lagi mengetik Panjang lebar di Google karena kita bisa istilahnya mengobrol langsung dengan Google dan Google akan memberikan saran terbaiknya untuk kita. Kelebihan kecerdasan buatan ini juga bermanfaat hampir di semua bidang seperti Bidang Pertanian, Bidang Elektronik, Sistem Komputer, Bidang Kimia, dan masih banyak lagi.

Namun dibalik kepintaran teknologi AI ini, tidak hanya keuntungan saja yang kita dapatkan. Ada beberapa dampak serius yang ditimbulkan dari perkembangan AI tersebut. Salah satunya adalah kita akan bersaing dengan para robot untuk mendapatkan lowongan pekerjaan. Tentunya dengan pertimbangan ketelitian dan upah kerja, manusia cerdas pun akan kalah dengan robot yang tidak membutuhkan upah. Meskipun demikian, robot yang telah dibuat pun tidak bisa menandingi otak manusia yang bisa berfikir kreatif setiap saat. Manusia juga bisa terus menambah pengetahuan dari apa yang dibacanya, sementara robot-robot tersebut harus disetting ulang untuk mendapatkan pengetahuan yang baru. Jadi jangan berkecil hati dengan perkembangan teknologi ini karena bagaimana pun juga manusia merupakan makhluk yang paling sempurna di dunia ini.