Perkembangan Big Data dan Artificial Intelligent di Kancah Dunia

Data merupakan sebuah kumpulan fakta yang kekuatannya saat ini mendominasi peradaban dunia. Mengapa data bisa sangat berpengaruh dalam kehidupan di dunia? Data berperan penting dalam penyelesaian berbagai macam masalah yang ada di dunia ini. Dengan data, kita bisa menelusuri latar belakang permasalahan, menentukan akar penyebab kegagalan, mendeteksi perilaku kecurangan dalam sebuah organisasi, menghitung resiko kegagalan, bahkan data bisa membantu kita meramal perkembangan teknologi di masa yang akan datang. Namun di suatu kasus, data ini juga sangat berbahaya untuk kita semua. Setiap tingkah laku kita juga akan diawasi oleh sebuah teknologi face detection yang tertanam dalam CCTV. Sehingga data yang didapat dari tingkah laku kita pun bisa didapatkan secara real time.

Lalu apa hubungannya big data dengan artificial intelligent? Perkembangan big data yang semakin pesat membawa artificial intelligent semakin pesat pula. Keduanya saling berhubungan. Karena apa yang menjadi dasar dari berkembangnya kecerdasan buatan ini terletak pada semakin banyaknya volume data. Seperti yang dikatakan oleh pendiri Alibaba, Jack Ma “Big data adalah Tambang Minyak di masa depan”. Data sangat berpengaruh akan perkembangan AI. Sebagai contoh, ketika kita berselancar di media social kita pasti sering kali mendapati rekomendasi iklan yang sesuai dengan kebutuhan kita, tanpa kita mengetikkan iklan tersebut di layar smartphone. Bahkan saat kita hanya memikirkannya di angan-angan pun, iklan barang tersebut bisa muncul di feeds social media. Tentunya karena adanya big data yang terintegrasi dengan social media, hal itu sangat mungkin terjadi.

Big data dan artificial intelligent di masa depan pun digadang-gadang dapat menggantikan kinerja manusia. Jika manusia memiliki tingkat kecerdasan 1 + 1= 2, maka artificial intelligent memiliki tingkat kecerdasan 22 atau kecerdasan berpangkat. Meskipun pada awalnya kecerdasan buatan ini juga manusia yang menciptakan, berkat pesatnya teknologi yang berkembang, membawa artificial intelligent diatas kecerdasan manusia, yang tidak jauh dari adanya big data tersebut. Oleh karena dampak dari berkembangnya big data dan artificial intelligent yang semakin tidak terkontrol, kita harus bisa lebih berhati-hati lagi dalam menyikapinya. Ambil sisi positifnya, dan pergunakan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Big Data dan AI ini memberikan manfaat yang banyak untuk peradaban manusia.