Ramah Tamah dan Pengajian Rutin Time Excelindo

Seperti bulan-bulan sebelumnya, Time Ecxelindo mengadakan pengajian rutin yang dilaksanakan pada hari Jumat 8 Februari 2019 dan bertempat di Ruang Citra 2 Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam kajian rutin ini, diawali dengan Ramah Tamah yang diberikan oleh Departemen HRD. Terkait dengan penjelasan Peraturan Perusahaan yang baru. Dalam ramah tamah ini, Direktur HRD Bp. Dr. Ahmad Fauzi, SE. M.M.  juga menyampaikan penghargaan kepada karyawan Time Excelindo yang telah lama mengabdi dan ikut serta mengembangkan Time Excelindo ini hingga saat ini, yaitu Bp. Sugeng Riadi selaku General Manager ISP.

Pemberian penghargaan ini berupa pemberangkatan umroh pada bulan Februari ini. Tentunya dengan pemberian penghargaan kepada para karyawan Time Excelindo ini harapannya Time Excelindo semakin baik dalam mensejahterakan karyawannya dan bisa memberangkatkan umroh para karyawan lebih banyak lagi setiap tahunnya.

Setelah acara ramah tamah, dilanjutkan dengan pengajian rutin yang diisi oleh Ust. Tri Wibowo. Pada kajian ke 7 kali ini, tema yang disampaikan adalah tentang Fiqih Thaharah. Ust Tri Wibowo menyampaikan bagaimana cara bersuci yang benar dalam islam. Thaharah ini juga memiliki peranan sangat penting dalam kita beribadah. Terkadang banyak orang yang melalaikannya dan tidak menganggapnya penting. Padahal ketika kita beribadah dalam keadaan tidak suci, maka ibadah kita tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Ust Tri Wibowo juga mengajarkan bagaimana berwudhu ketika perjalanan maupun untuk orang yang sedang sakit dan tidak sanggup untuk berjalan ketika akan berwudhu. Ketika dalam perjalanan, kebanyakan dari kita memilih untuk bertayamum sebelum solat. Padahal selama ada air dan masih bisa terjangkau, tayamum tersebut akan batal. Oleh karenanya kita harus memperhatikan hal-hal penting yang membuat ibadah kita tidak diterima oleh Allah. Maka jika kita malas untuk pergi ke kamar mandi umum ketika berada di kendaraan umum seperti kereta api, kita bisa mensiasatinya dengan menggunakan water spray.

Ust. Tri Wibowo juga mencontohkan bagimana berwudhu menggunakan water spray tersebut. Karena sesungguhnya kewajiban ketika berwudhu itu adalah seperti yang telah dijelaskan dalam Surat Al-Maidah ayat 6:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak mengerjakan salat, maka basuhlah muka kalian dan tangan kalian sampai dengan siku, dan sapulah kepala kalian, dan (basuh) kaki kalian sampai dengan kedua mata kaki.” 

Maka kita hanya perlu melakukan yang wajib saja ketika dalam keadaan mendesak. Sementara yang sunah seperti membasuh sela-sela telapa tangan dan berkumur bisa tidak dilakukan. Begitu pula dengan bersuci dari khadas kecil. Kita harus benar-benar memperhatikan dimana ada najis dan juga kapan harus bersuci sebelum melaksanakan solat.