Stadium General Drone Image Acquisition, Processing, and Analytics in Agriculture and Urban Sector

Universitas Amikom Yogyakarta yang bekerja sama dengan Time Excelindo kembali mengadakan Stadium General yang dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2018, dimulai pukul 10.00 hingga pukul 12.00. Stadium General ini dibuka untuk umum, dan dihadiri oleh kurang lebih 170 orang. Seminar yang diadakan oleh Time Excelindo kali ini membawa tema “Stadium General Drone Image Acquisition, Processing, and Analytics in Agriculture and Urban Sector”. Dalam seminar tersebut, diisi oleh 3 pembicara yang berasal dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka yaitu Assoc. Prof. Dr. Burhanuddin bin Mohd Aboobaider, Assoc. Prof. DR. Asmala bin Ahmad, dan juga Mr. Yazid Abus Sari.

Dalam seminar tersebut, Prof. Burhanuddin membahas mengenai fungsi dan pengertian dari drone itu sendiri. Semakin canggihnya teknologi yang berkembang saat ini, penggunaan drone pun bisa lebih dimanfaatkan dengan baik. Drone itu sendiri adalah Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat yang diterbangkan dengan tanpa awak dan dikendalikan dengan remote control. Drone bisa terbang dengan spend waktu tertentu, ketinggian, dan jarak tertentu sesuai kemampuan dari drone itu sendiri. Drone juga memiliki fungsi dalam berbagai bidang seperti bidang photography dan videography.

Namun ternyata drone ini tidak hanya berfungsi untuk bidang foto dan video saja. Karena drone pun juga punya fungsi lain dalam agricultural. Drone bisa melihat medan dari pertanian atau perkebunan tersebut untuk kemudian di aplikasikan dengan aplikasi 3D Visual Surveyor. Kemudian dari pengaplikasian tersebut, kita bisa menghitung beberapa perhitungan seperti tinggi pepohonan dalam perkebunan tersebut maupun jarak jalan yang harus ada dalam perkebunan tersebut untuk memudahkan proses ketika memanen hasil kebun tersebut. Sehingga penggunaan Drone ini pun bisa lebih dimaksimalkan untuk bidang pertanian/perkebunan pula.